October 5, 2010

Jurus Jitu Mengembalikan Folder yang ter-Hidden / Hilang oleh Virus

Beberapa virus mempunyai perilaku yang sama yaitu menyembunyikan file atau folder asli dan menggantinya dengan file virus bernama sama dengan file dan folder yang disembunyikan. Perbedaan yang terlihat adalah ekstensi exe pada file atau folder virus dan ukurannya kecil biasanya tidak lebih dari 70 kb (kebanyakan 1 kb dengan nama shortcut). Folder yang diserang biasanya adalah folder yang paling sering diakses seperti My Document dan folder lain yang sering anda buka. Virus ini mengubah attribut file atau foder dengan Hidden atau Read-Only, sehingga flashdisk atau hardisk terlihat kosong padahal jika dilihat properties-nya seharusnya penuh.

Lalu bagaimana caranya me-restore atau mengembalikan file atau folder yang hilang tersebut ke bentuk awal….??? coba simak Trik Jitu dibawah ini :

# Melalui Command Prompt #

- Klik Start > Run > Ketik cmd lalu enter
- Kemudian ketik baris perintah ini : d:\attrib -s -h *.* /s /d jika ingin menampilkan data yang ter hidden dan hilang di drive ' d ', tunggu beberapa saat dan lihat drive 'd' di windows explorer.


# Melalui Notepad #

- Buka notepad ketik : attrib -s -h *.* /s /d
- Lalu Save as pada drive / flashdisk yang ter hidden dengan nama tampilkan.bat dengan type all Files dan Encoding ANSI.
- Kemudian klik dua kali file tampilkan.bat dan tunggu beberapa saat dan lihat pada drive / flashdisk anda di windows explorer


Semoga Berhasil……!!!
Jika cara diatas belum berhasil mengembalikan data-data anda, mungkin data anda memang benar-benar sudah hilang…….
T_T

No comments:

Post a Comment